Teknologi Digital sebagai Sarana Dakwah

islam-teknologi

Era digital merupakan suatu masa dimana sebagian besar masyarakat menggunakan sistem digital dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kemajuan dan perkembangan teknologi dewasa ini, seakan menyeret sistem digital sebagai instrumen penting yang mampu memudahkan manusia di berbagai aspek kehidupan. Manusia menggunakan teknologi digital, karena manusia merupakan makhluk berakal dengan segala keinginannya untuk mencapai hidup yang lebih baik serta menjalin hubungan sosial dengan masyarakat lainnya. Perkembangan teknologi digital telah merasuk ke berbagai dimensi kehidupan kita dengan dampak yang sangat menjanjikan, jika kita memanfaatkannya secara optimal. Menjadi sesuatu yang tak terelakkan bagi masyarakat Indonesia yang kini tengah menjadi negara baru yang berdiri di tengah bangsa lain sebagai dampak adanya revolusi digital. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan tingkat geografis berbeda-beda antar wilayah, sehingga hal ini berdampak pada masyarakatnya yang tak mampu lagi menahan derasnya arus perkembangan teknologi digital dewasa ini.

Namun bagaimana dengan sebuah fakta yang menunjukkan bahwa instrumen digital yang berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan, turut hadir dengan berbagai dampak negatifnya yang semakin tak dapat kita bendung. Telah kita sadari bahwa teknologi digital telah disalahgunakan sebagai bentuk kejahatan demi kepentingan tertentu yang sangat merugikan masyarakat. Tak hanya itu, canggihnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat masyarakat dari berbagai usia kini dapat dengan mudahnya mengakses situs-situs pornografi. Ini menunjukkan bahwa teknologi digital berpotensi besar merusak akhlak dan moral kita. Teknologi komunikasi juga semakin membuka peluang untuk budaya dari beragam negara masuk. Fenomenanya adalah, bahwa budaya luar tak sepaham dan tak cocok diterapkan di negeri ini. Kini, masyarakat telah mengabaikan batasan-batasan norma maupun akidah yang berlaku dalam lapisan sosial masyarakat. Terlalu banyak bentuk-bentuk perbuatan jahat dan nista yang sangat menyalahi kodrat kehidupan manusia yang telah terjadi sebagai dampak penyalahgunaan instrumen digital ini.

Remaja merupakan masa dimana jiwa kita selalu dekat dengan labilitas, proses kematangan, dan pencarian jati diri. Perlu adanya penguatan karakter bagi para remaja agar terhindar dari dampak bias negatif era digital, terutama dalam hal akidah. Penanaman nilai-nilai keagamaan dari lingkungan keluarga merupakan hal dominan dalam pembentukan diri seseorang menjadi insan yang berakhlak mulia, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Lembaga pendidikan pun juga memiliki peran penting dalam mencetak generasi berintelektualitas tinggi yang bertaqwa, yang mampu berpikir secara kritis, dan siap menghadapi kerasnya zaman beberapa dekade mendatang.

Dalam mengamalkan syariat islam di zaman yang semakin kritis ini, kita dihadapkan pada berbagai rintangan yang begitu besar. Kita, sebagai insan yang masih dalam masa transisi harus memiliki kemampuan dalam memfilter dampak positif maupun negatif teknologi digital yang kini selalu ada dalam dekapan kita di setiap waktu. Hadirnya teknologi digital dapat kita gunakan sebagai sarana dalam berdakwah. Kita dapat menyebarkan nilai-nilai kebaikan yang berpedoman pada Al-Qur’an maupun Al-Hadist.  Kita memang tengah hidup pada zaman dimana remaja tengah mengalami krisis akidah. Namun, penting bagi kita untuk membentengi diri dalam pagar beton akidah dan berpegang pada prinsip dan keyakinan kita agar tetap menerapkan konsep hidup islami di tengah zaman yang semakin kehilangan nilai-nilai normanya.

Media digital dengan berbagai produknya yang berupa poster, berita, opini, artikel, film, video, novel, dapat memberi peluang terhadap pembentukan karakter melalui cara berfikir maupun bersikap yang sesuai dengan syariat islam. Sang Khaliq telah memberi kita kecerdasan intelektual agar kita mampu meluruskan tujuan hidup menjadi lebih mulia di hadapanNya. Artinya, keberadaan teknologi digital dewasa ini harus kita jadikan gerakan langkah bersama dalam menyebarkan nilai-nilai keagamaan agar tercipta insan-insan yang agamis dan lebih mulia di hadapan Allah SWT. Mari bersemangat dalam menyebarkan nilai-nilai kebaikan di kalanganmu. Yakinlah, bahwa kebaikan yang kita sebarkan melalui pemanfaatan instrumen digital akan menjadi virus yang mendominasi aspek kehidupan. Karena, tak ada waktu sejengkal pun bagi masyarakat untuk terlepas dari mengakses media digital. Semoga kita tetap diberi kekuatan iman dalam menghadapi kerasnya zaman, dan lebih cerdas dalam memanfaatkan seluruh perkembangan yang terjadi di era digital ini. Wallahua’lam bisshawab.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s