Ulasan Film Pendek Komedi ‘Gorengan’

Ulasan film pendek komedi berjudul Gorengan ini sebenarnya merupakan tugas mata pelajaran Bhs. Indonesia ketika saya duduk di bangku kelas 11 (i’m in 12th grade now yeiyyy). Sekedar share saja, semoga bermanfaat. If you do curious towards this comedy short movie, here I give you the youtube link. https://www.youtube.com/watch?v=uLnnNPO_EYk

Judul: Gorengan

Genre: Komedi

Tahun: 2012

Sutradara: Buma Aeri Argeswara

PEMAIN

Ahmad Fauzan, Maulana Ikhsan, Fitri Permatasari, Anggi Adam Nuari, Huna Ihza Mahendra, Buma Aeri Argeswara, Untung Wijaya Kusuma, Moch. Azmir,  Rizki, Anto, dan Andi.

Film ‘gorengan’ merupakan film pendek komedi besutan sutradara Buma Aeri Argeswara yang diproduksi oleh Hope Production pada tahun 2012. Film ini berhasil  meraih 82.669 viewers di YouTube hingga saat ini. Pengambilan gambar dalam film ini dilakukan di Perumahan Taman Lembah Hijau Lippo, Cikarang.

Film pendek ini menceritakan seorang remaja bernama Ojan yang diperankan oleh Ahmad Fauzan sekaligus penulis skenario film yang memiliki obsesi berlebih terhadap gorengan. Hal ini dibuktikan dengan kejuaraan yang pernah ia dapatkan sebagai juara nasional lomba makan gorengan, serta foto-fotonya bersama gorengan yang terpajang di setiap sudut rumah. Ia tidak dapat menjalani kesehariannya dengan tenang tanpa sebungkus gorengan. Ojan berupaya untuk membeli kembali gorengan dari penjual yang berkeliling dengan gerobak meski dalam keadaan yang babak belur akibat dihajar oleh geng motor.

Pada awal cerita, terlihat jelas bagaimana reaksi Ojan ketika sebungkus gorengan yang ia beli dimakan oleh temannya hingga tak tersisa satu pun. Beberapa adegan dibuat dramatis untuk menunjukkan kesialan Ojan karna tidak makan gorengan seharian. Namun, hal yang pertama kali terlintas di benak saya setelah menonton film ini adalah tidak masuk akal. Sepanjang film, penonton dibuat menunggu dengan beberapa adegan/masalah yang tidak memiliki sinkronisasi dengan maksud gorengan yang diceritakan. Contohnya ketika adegan pencuri sepeda motor, adegan peleraian konflik pada pasangan, yang tak lain hanya masalah kecil yang menimbulkan kebosanan sepanjang film. Film garapan Buma Aeri Argeswara ini hanya menciptakan lompatan antar scene menjadi kurang jelas, karena banyak scene yang disuguhkan lalu dipotong. Sehingga, tidak ada pengikat yang jelas antara cerita dengan konflik yang terjadi. Hal ini sangat membingungkan penonton karena durasi yang cukup lama untuk mencapai pada titik ending tanpa ada klimaks dari konflik yang terjadi.

Beberapa masalah yang muncul ke permukaan dirasa tidak ada hubungan yang jelas dengan ending dari film tersebut. Akhir dari film juga tidak menceritakan dengan jelas mengapa Ojan secara tiba-tiba melepas sebungkus gorengan yang ia genggam hanya karna melihat temannya sedang berada di gorobak penjual gorengan.

Di satu titik pandang, saya mencoba melihatnya dari perspektif psikologis. Obsesi berlebih terhadap gorengan seperti yang digambarkan pada film ‘gorengan’ mengindikasikan bahwa pemain mengalami obsesif compulsif disorder atau obsesi kompulsi dimana pikiran dipenuhi dengan pemikiran yang menetap dan tidak dapat dikendalikan, sehingga individu dipaksa untuk melakukan hal yang sama berulang kali. Namun, sisi positif yang dapat kita pelajari dalam film bergenre komedi ini adalah upaya atau usaha keras yang kita lakukan untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan akan membuahkan hasil yang baik meski rintangan menghalau.

Saya berharap semoga pada project-project film selanjutnya dapat menyuguhkan skenario yang pas dan mengena, adegan komedi dapat lebih menggelitik dan tidak menciptakan ritme yang garing, dan setidaknya ada pesan moral yang dapat disampaikan dari alur cerita.

Kita Liatin Aja Sambil Makan Gorengan!kita-liatin-aja-sambil-makan-gorengan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s